Cara Mengganti Seluruh Icon Tema Symbian Secara Manual

Assalammualaikum Wr. Wb

Apa kabar semuanya? Aku rasa kalian baik baik aja, kapanpun dan dimanapun berada. Satu, dua, hampir dua bulan sih aku gak nyentuh yang namanya dunia pe-bloggeran. “Ah syuuudahlah, itu masalah lo bukan urusan gue” terlintas aku dengar suara dari seseorang yang membaca tulisan ini. Makanya aku cukupkan sekian untuk bagian pembukaan postingan kali ini. Hehe

Ok, kalo ngomongin symbian buatku adalah sesuatu yang tidak ada habisnya, walopun sekarang symbian diambang kematian. Bukan diambang kematian sih, tapi memang sudah mati. Tenang, itu hanya sekedar opini, dan akupun tidak mempercayai akan opini itu. Salah satu yang buat aku betah dengan symbian adalah kesukaan aku untuk Edit Theme Premium. Proses editingnya itu yang aku cari, seru, asyiik yaa lumayan buat ngisi sedikit waktu luang. Edit theme/ tema Premium di symbian itu ada yang gampang dan ada yang susah. Tergantung software apa yang kamu gunain buat edit theme tersebut. Untuk kali ini aku mau share  bagaimana cara  replace icon Theme Premium secara manual. Kenapa secara manual? Karena menggunakan cara inilah yang menurutku untuk dapat hasil terbaik. Untuk caranya mari kita mulai. . . .

  1. Download Software buat edit theme Premium di Symbian OS Siscontent1772
  2. Setelah kalian download, silahkan klik kanan ekstrak to siscontent1772 dan jalan kan softwarenya
  3. Tampilan awal di siscontent1
  4. Sekarang siapkan theme dengan icon yang menurut kalian terbaik, dan jangan lupa siapkan juga icon yang terbaik disegi desain namun icon nya kurang menarik.  Sebagai contoh, aku mau mengganti icon theme Blue On Black Pro – daeva112 yang menurutku desainya  sangat baik namun iconnya sedikit kurang menarik, oleh karena itu, aku ganti (replace) dengan iconya ICS FLATRO BELLE KUNAL
  5. Nah setelah dua  Theme premium symbian sudah siap, buka siscontent dan open file .sis temanya dengan siscontent ( ctrl + O ). Buka theme yang mau yang mau diambil iconya (ICS FLATRO BELLA KUNAL)2
  6. klik content (menu nomor 2 dari kanan), dan tampilan akan berubah seperti ini3
  7. Double klik pada file dengan ekstensi .skn terus pilih Application icon dibagian atas, klik bagian dalem file tersebut dan pencet tombol ( Ctrl + A). tampilan akan seperti ini4Nah setelah pilihan itu sudah di blok semua, klik kanan dan ekstrak image ke folder yang berdekatan dengan theme yang akan diganti iconya (Blue On Black Pro – daeva11)5
  8. Kembali ke langkah sebelumnya, tadi kan kita pilih application icon, sekarang kalian klik di resource dan klik pada all resource.  Seperti biasa, klik pada salah satu file di dalamnya dan pencet tombol (Ctrl + A), klik kanan ekstrak image ke dalam folder yang sama6Proses pertama untuk mengambil icon ICS FLATRO BELLE KUNAL sudah berhasil, sekarang saatnya menyisipkan icon icon tersebut ke dalam theme Blue On Black Pro – daeva11. Langkahnya agak sedikit memerlukan kesabaran karena memang harus satu persatu mengganti iconnya, ya wajarlah namanya juga manual. Tapi aku jamin hasil akan memuaskan kalian. haha
  9. Close siscontent dan buka lagi, setelah siscontent siap, langsung (ctrl + O) dan tunjuk file theme .sis nya Blue On Black Pro daeva11. Nah kalo sekarang file theme nya sudah terbuka kamu klik bagian content (letaknya nomor 2 dari kanan) sama seperti tadi terus langsung klik file .skn nya7Sekarang mulai kita ganti icon tema Blue On Black Pro by daeva11, seumpama pertama aku mau ganti icon aplikasi Calendar nya. Klik kanan pada bagian calendar – klik edit ( Ctrl + R)8Ketika  jendela baru muncul klik browse – langsung kamu tuju letak file icon ICS FLATRO BELLE KUNAL yang telah kamu ekstrak tadi9Gausah khawatir bakal ribet atau rumit, untuk mencari file icon calendar dari tema ICS FLATROnya, klik pada kolom file name dan ketik calendar setelah terlihat langsung klik pada Calendar.nvg dan terus klik open. (lihat gambar)10Jangan lupa klik OK lagi. Selesai, file icon calendar pada tema Blue on Black pro sudah terganti dengan icon calendar pada tema ICS FLATRO BELLE KUNAL. Sekarang tinggal kamu ulangi aja langkah untuk menganti iconnya, tadi kan calendar udah keganti, pindah ke icon log dll dengan mengulang langkah nomor 9. Yang sabar aja pokoknya, edit temanya jangan lupa untuk cari waktu yang luang. Nih hasil editan Tema Blue On Black Pro dari aku, butuh sekedar habisin waktu luang. hehehe SS_17Mau Theme yang diatas ini? nih aku kasih link downloadnya Tema Blue on Black dengan Icon ICS Flatro by KUNAL

Cara ini adalah cara yang biasanya aku gunain kalo lagi pingin edit icon tema, makanya  kalo kalian cari di google cara ini mungkin tidak ada, karena memang aku senidiri tau cara ini hanya sekedar utak atik software Siscontent secara otodidak. Hanya sekedar berbagi aja. Barangkali ada yang mau edit icon tema tapi belum tau caranya. Sedikit itu dulu untuk postingan kali ini. Kurang lebhnya sorry yaa.. hehe.

7 thoughts on “Cara Mengganti Seluruh Icon Tema Symbian Secara Manual

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s