Alhamdulillah Taruna AAU, sedikit tips masuk menjadi Taruna AAU.

Assalammualaikumm wr. Wb

Selamat malam menjelang pagi semuanya para pecinta dunia penulisan #halah. Satu, Dua, Tiga yaps sekitar tiga tahun saya sengaja meninggalkan Blog kebanggan ini, memang berat untuk meninggalkan kebiasaan yang selalu menempel untuk dilakukan. Meninggalkan yang memang ternyata adalah jalan terbaik yang telah aku dapat.

Akademi Angkatan Udara, sebuah lembaga pendidikan dibawah jajaran petinggi Akademi Tentara Nasional Indonesia yang bertujuan utama menciptakan Perwira yang siap untuk memimpin pertahanan udara yang lebih baik. AAU dibangun sekitar tahun 1965, tepatnya pada tanggal 26 Juli 1965, dimana pertama kali digagas oleh Agustinus Adisutjipto pada tahun 1945.

langsung aja ya, mungkin bahasanya yang kurang baku jadi dimaklumi aja, Sebenarnya tinggal kemauan dan niat jika ingin masuk Taruna, khususnya matra udara. Siapapun berhak mengikuti tes dan tidak dipungut biaya sepeser pun, inget tidak dipungut yaaa. Jadi kalian langsung aja daftar ke lanud terdekat, biasanya sih jateng di Adisutjipto kalo jakarta ya di halim, intinya masuk daftar lanud tipe A.

  1. Daftar Online di  http://au.rekrutmentni.net/ klik daftar, pilih Taruna.
  2. Jangan lupa baca doa dulu, selalu dibiasakan setiap melaksanakan apapun berdoa lah sehingga diberi kelancaran dan kemudahan serta  terwujudnya keinginan.
  3. Isi kolom dengan benar, syarat syarat sudah tercantum jelas disana, jadi apabila adek adek memnuhi syarat yakin lah langsung daftar. Jangan ragu sedikitpun.
  4. setelah Proses daftar Online selesai, segera cetak  bukti pendaftaran online tersebut, dan segeralah mendatangi lanud lanud terdekat dari kalian. sekalian ya saya kasih semua lanud yang mengadakan  pendaftaran Taruna AAU
  5. Kamu datang ke lanud terdekat mu, dan nanti disana kamu bakal diarahin sama pelatih pelatihnya disana. Ingat jika mau ke lanud gunakan pakaian yang benar benar sopan, baju berkerah dan celana panjang yang rapi selain berbahan jean, gunakan sepatu. Pakaian lengan panjang yang ada kancing nya akan terlihat lebih baik dan sopan, dan jangan lupa lagi masukan baju ke celana sehingga sabuk terpakai dan kalian terlihat lebih rapi. Gunakan model rambut pendek, model tentara akan lebih menarik perhatian pelatih disana sehingga beliau akan segan kepada kalian.
  6. Catat semua yang telah diberi arahan dari pelatih disana, jangan sampai ada yang missed karena kamu salah dikit akan fatal akibatnya. Beneran nih serius, tapi slow aja. Jelas???
  7. Hari pendaftaran telah ditutup, mulai masuk Test!! Nah disini akan diuji keseriusan kalian untuk menjadi prajurit TNI. Pertama test biasanya adalah Screening POM, Kesehatan 1, Jasmani, Kesehatan 2, Test Psikologi.

nah sekarang akan aku jelaskan satu persatu yang namanya test di penerimaan amenjadi Taruna Akademi Angkatan Udara. simak baik baik ya adek adek, semoga kalian mengerti akan bahasa yang saya pakai.

  1. Satu, test screening POM, disini adalah test paling awal dan pertama biasanya, seperti saya dulu waktu test. Kamu bakal di teliti berkas berkas kamu baik yang asli maupun yang di legalisir. Misalnya Akte kelahiran, Ijasah dari Sd sampai SMA, Kartu keluarga, KTP, dll. Kamu bakal di wawancarai dan ditanya tanyain tentang keaslian berkas kalian, tahap test ini asalkan kalian lengkap dan jujur serta penampilan dan gaya bahasa yang kalian gunakan baik, saya jamin Lolos. Amin
  2. Test kedua, setalah kalian semua lolos test screening POM kalian akan masuk ke test kesehatan. Disini kalian bakal di cek kesehatan tubuh, tinggi berat badan dan detak jantung dll yang sifatnya mendasar mata apakah minus atau tidak, kaki apakah O atau X dll. Tahap test kesehatan ini paling rawan adalah gigi dan mata. Jadi apabila kalian test gahap ini segeralah berdoa agar diberi kesehatan yang maksimal pada semua badan lebih lebih mata dan gigi. Banyakin minum air putih agar test kandungan kemih kalian bagus dan tidak terindikasi gagal ginjal.
  3. Jasmani, yeah disini adalah test paling seru tapi melelahkan. Kalian bakal dilihat kemampuan jasmani seperti Lari 12 menit, pull up, sit up, shutle Run, dan Renang. Tips lari dengan waktu 12 menit, kalian bakal lari minimal 2400 m dalam 12 menit apabila kalian ingin lolos test lari, mulai dari sekarang gunakan teknik 2:1 dalam berlari, hirup nafas dua detik dan keluarkan nafas hanya dalam waktu 1 detik. Cara ini sangat efektif untuk anda yang kurang dalam segi lari, jangan ngeluh dan memikirkan kaki. Fokus dengan irama nafas kalian agar metabolisme tubuhmu tetap jalan dengan sangat baik sehingga anda akan tidak mudah lelah dan pusing. Perpanjang langkahmu, hanya ada dua kata untuk test ini, Lari dan lari, ketika kamu lelah sangat, bayangkan apa jadinya kamu memakai seragam pdh kebanggan taruna. Ingat seragam taruna PDH, sevron KOPRAL ada di lengan mu!!. Pull up, mulai latihan dari dua bulan sebelum tes. Sebenernya satu bulan cukup kalo kamu memang niat untuk masuk dan bisa pull up, latihannya terus dan teruslah pull up setiap habis sholat sempatkan naik tiang pull up sekuatmu, mungkin1, 2, 3, 5 atau 6 kali terserah yang penting setiap habis sholat sempatkan untuk pull up. Waktu test pertama, saya dapat pull up sebanyak 11 dan alhamdulillah bisa lolos dengan nilai yang cukup. Selalu tumbuhkan motivasimu untuk menjadi Taruna. Push up, sebenarnya bukan ga penting atau dikesampingkan, kebanuakan dari calon taruna bakal lolos dengan sendirinya untuk test sit up, push up dan shutlle run, karena apabila pull up kalian bagus, sit up dan push up mu juga bakalan bagus, percayalah. Shuttle run mungkin asal gak lebih dari 19 menit kalian udah dapat nilai yang cukup. Yang gatau shuttle run adalah lari sprint dengan membentuk angka 8. Masih gatau cari digoogle jelas??😂
  4. Test kehetahan 2, kalian sudah mengalahkan musuh musuh terbaik yang ingin masuk taruna, seleksi akan tetap berjalan dengan pengwasan yang lebih ketat dibandingkan dengan test kesehatan 1. Disini kalian akan di cek Kulit, Bagian organ dalam kalian, jantung, dan alat alat vital anda apakah terdapat penyakit apakah tidak. So tenang aja, asal kamu pernah check up dan lolos kamu bakal lolos di test ini. Ingat perbanyak doa kamu, tetap harus berdoa sekuat kuatnya, sholat dhuha disela sela kamu menunggu giliran test atau menunggu pengumuman di homebase, berdoalah sambil dzikir terus, dalam test lebih baik kalian diam daripada banyak berbicara yang hanya menyakitkan orang lain atau saling ejek ini itu dan yang lain. Jadikan dirimu kalem tapi tetap cool mulai dari sekarang. Wusst sampai mana ini malah wkwkwk. Semoga kalian lolos dalam tahap ini. Amin
  5. Test pamungkas di sektor Daerah adalah test psikologi. Disini kalian akan di test kedewasaan kalian, kepercayaan diri kalian, dan lain lain. Keberanian kalian, phobia kalian dll, secara tidak langsung inti test ini adalah itu walopun nanti kalian test akan diperintah untuk mengejrkan soal yang semuanya bisa dijawab hanya dengan logika. Maksudnya kamu gausah belajar kamu pasti bisa mengerjakan soal psiko ini, tapi ingat harus tetap dipelajari tips nya. Kalian akan diperintah penguji untuk menggambar sesuatu, misal rumah orang dll, kalian harus bisa menggambarkan kamu adalah orang yang percaya diri bukan yang mampu menggambar. Pakailah dengan aturan yang benar yaitu jangan dihapus dan dangan membuat gambar dengan beberapakali coret seperti diasir, gunakan sekali garis atau gambar, jadi kalian terkesan percaya diri dan bagus. Kamu akan menghitung matematika cepat sebanyak ribuan dan dilaksanakan selama satu jam, kalian harus bisa mendapat lebih dari satu lembar yang telah diberikan. Ingat nambah jatah kalian!!
  6. Pemantauan Terakhir Tingkat Daerah, Pantokirda sering kami sebut. Kalian akan dibariskan secara bersaf atau berbanjar untuk berbaris didalam ruangan aula yang besar, disana akan berbaris semua sisa sisa teman teman kalian yang dari berapa ribu tinggal beberapa orang saja yang akan melanjutkan ke tingkat pusat di AAU. Dari sekitar yang di pantokir 60 orang yang di kirim ke pusat hanya 20 orang, ingat berdoa dan berdzikir lah saat ini. Jangan sampai waktu pemantauan kalian ditanya tanya suara kalian malah lemes lemes, suara yang tegas dan keras apabila ditanya oleh para pejabat dan jangan lupa badan tegap,  pandangan tatap muka yang tajam kepada sang penanya. Buat dia gentar dengan kalian, malam sebelum pantukir jangan tidur terlalu larut malam, karena takutnya kalian kurang istirahat dan akhirnya tumbang waktu test pantukir. Sia sialah perjuanganmu selama ini, test pantukir kalian tumbang sebagus apapun nilai kamu test jasmani, kesehatan, psikologi dll akan kalah dengan ketumbanganmu saat itu, percayalah kalian pasti tercoret dari daftar nama yang akan lolos ke pusat. Hehehe. Jangan takut, kalian pasti lolos!!

Saya berdoa kalian bisa lolos sampai tahap ini, apabila kalian lolos sampai tahap ini sempatkanlah sujud syukur dimanapun kamu berada setelah mendapatkan pengumuman bahwa kamu lolos tahap sektor daerah. Perjuangmu sudah terlihat dengan lolosnya kamu dari sektor daerah. Selesai? Kamu diterima?? Beluuuum, kamu masih harus mengikuti seleksi lagi dari awal, bedanya kamu bakal tes dipusat, yaitu di Akademi Angkatan udara, Yogyakarta. Kalian bakal dijadikan satu dengan peserta seluruh indonesia yang lolos test sektor daerah, biasanya peserta seluruh indonesia sekitar 400 an orang dan akan diambil sekitar 100 an orang tergantung kebutuhan tiap tahun berbeda beda kadang naik kadang turun, dulu waktu saya yang diterima sebanyak 119 orang tapi 9 diantaranya adalah taruni, Taruna cewek, itulah taruni. Mungkin sekarang tahun 2017 tidak diadakan penerimaan kembali taruni, dengan alasan yang kurang jelas. Oke langsung masuk topik lagi.

Di pusat kamu bakal menemui test yang lebih ketat lagi, kamu bakal ditambah test satu lagi yaitu test akademik, materinya adalah sama seperti UN namun sedikit dirubah sedikit lebih mudah. Tenang aja, disini yang sulit adalah test yang lain dari materi tersebut. Akademik seperti setelah dari jasmani dan lain lain tapi tetap harus tidak boleh dinomor duakan. Nomor pesertamu bakal bukan nomor biasa lagi, biasanya tingkat pusat adalahh model barcode, jadi kamupun tidak tahu nomor pesertamu sendiri.

Ini menghindari kecurangan yang tidak diinginkan, so kalian kalian jangan khawatir dengan kabar kabar yang anak anggota diutamakan untuj diterima, itu adalah salah besar. TNI AU merekrut kalian yang memang mampu dan mau serta memenuhi syarat yang ada. Tetap percayalah kamu bakal masuk AAU!!

Sektor pusat perbanyak teman, cari ilmu dari teman teman kalian disana, jangan jadi orang pendiem lagi seperti disektor daerah. Tapi inget tetap harus stay cool dan berilmu ya dek. Perbanyak doa lagi, test disektor pusat tidak ada bedanya dengan test di sektor daerah, sama semua peraturanya hanya yang test psikologi akan lebih sedikit sulit tapi tetap bisa kamu kerjakan. Kan test psikologi 😎 Jasmani sama, sama persis. Saat disana kalian jangan lupakan latihan, tetep rutin kamu kerjakan lari kalo boleh ijin lari mandiri, pull up, sit up jangan lupa kamu kerjakan tiap sore pagi agar nilai kamu jasmani meningkat dan mampu mendongkrak nilai kamu yang dianggap kurang. Test psikologi jangan lupa latihan menggambar manusia, pohon dan Rumah. Gabungan rumah, pohon dan manusia. Apalagi ya.. itu mungkin, kalo saya dulu intinya berdoa terus, beneran terus msenerus berdoa. Saya sampai tiap malam jumat rajin banget ke sarean untuk berdoa dan mendoakan kakek saya yang sudah meninggal, saya juga dzikir setiap setelah sholat itu Ya Bar dan Ya Wahab artinya maha dermawan dan maha memberi. Sambil dzikir bayangkan cita cita mu ini tercapai, apabila memang ini jalan kalian. Sholat tahajud dan sholat dhuha jangan sampai miss ya, apalagi sholat 5 waktu sangat sangat haram untuk ditingfalkan. Semoga kalian tercapai cita cita kalian yang telah kalian dan orang tua inginkan, oh iya jangan lupa minta restu kedua orang tua dan berdoalah bersamanya setiap waktu, semangat ya dek… Selamat berjuang.. tidak ada usaha yang sia sia.. tetap tawakal dan bersyukur.

AAU, kamu bakal takut mungkin karena cerita cerita dari orang orang yang sebenernya gatau apa apa tentang AAU. Disini sudah sangat ditegakan aturan, sehingga tidak ada yang namanya body contact di ksatrian. So, jangan ragu untuk bergabung dengan kita, menjadi penerus para insan penerbangan, teruskan cita cita dari bapak Adisutjipto, yang kelak pasti bakal terwujud. oh iya, AAU ikatan dinas ya, disana kalian gamungkin di pungut biaya sepeserpun kamu hanya tinggal dan belajar disana. Pakaian, Makan, tempat tinggal biaya kuliah semuanya ditanggung oleh negara. Kurang enak apa? Tiap bulan masih ada uang saku untuk kita pesiar di sekitar yogyakarta. Apalagi di jogja yang tiap tahun pasti ada regenerasi terbesar untuk mahasiswi di Indonesia, kamu tau lah maksudnya. Kamu gak bakalan jenuh di jogja dengan keadaan yang seperti itu. Sedikit cerita juga, saya dulu juga tertarik dengan STAN ataupun STIS, sekolah yang juga ikatan dinas yang apabila lulus langsung diangkat menjadi pns ataupun cpns, tapi doa ku masih lebih condong ke AAU, makanya alhamdulillah saya masuk di sini, walaupun orang tua saya lebih menginnginkan di stan atau stis. Kenapa saya lebih condong untuk berdoa masuk AAU? Karena saya mengimpikan saya terlibat dalam foto dibawah ini. 😂

Tenor drum menggunakan PDL Paskhas,
Terbang layang, salah satu kegiatan wajib yang dilakukan seluruh Taruna untuk bisa mendapat Wing Terbang Layang
Salah satu sudut di AAU
Penampilan drumband Gita Dirgantara dalam acara bulan dirgantara di Halim Perdanakusuma Jakarta.

Bukan sombong, saya hanya memberi sedikit motivasi kepada adek adek yang ingin bergabung menjadi dari bagian keluarga besar kami, melalui foto seperti diatas. Semoga kalian terbantu dengan tulisan ini, semangat dek, kalian pasti bisa, jangan gampang minder dengan yang lain, kalian pasti mampu. Pround to be Indonesian Air Force Academy!! 

Tulisan ini saya buat karena pertanyaan dari teman saya yang ingin menanyakan tips untuk adeknya yang sangat ingin menjadi Taruna, kebetulan sudah mencoba dua kali dan sekarang dia ingin masuk AAL. Kurang lebih tipsnya sama, karena memang sama sama Taruna, yang membedakan hanya ini udara bukan laut. Hhehehe. 

Assallammualaikum wr. Wb

2 thoughts on “Alhamdulillah Taruna AAU, sedikit tips masuk menjadi Taruna AAU.

  1. Sangat memotivasi dan membantu kak tulisannya. Saya yg baca jadi ikut terharu hehe gara gara baca sambil bayangin perjuangan kakak buat jadi Taruna AAU. It’s so hard but with your struggle you can passed it, salute 👍

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s