Hanan Attaki, Mari Belajar Perbaiki Diri bersama sama…

Assalammualaikum wr. wb.

 hipwee-Steps-to-Success-628x353

    Selamat malam, apa kabar semuanya… saya yakin dalam keadaan baik baik saja. Kenapa yakin? karena kalo lagi kenapa kenapa gak mungkin nyempatkan buat baca tulisan ga jelas ini. hahaha. Ga terasa udah lebaran lagi, tahun 2017 nih, masuk usia yang mulai disebut sebagai orang yang harusnya sudah dewasa. Dewasa, ya dewasa, banyak orang menyukai orang yang dewasa, dewasa banyak artinya tapi yang paling saya garis bawahi dewasa adalah tentang perilaku dan mengenai kepercayaan kita masing masing (agama). menjadi seorang yang dewasa adalah pilihan setiap orang, hak untuk semua orang untuk menjadikanya sebagai hal yang harus mereka lalui dalam perjalanan hidupnya. serius amat bahasanya, jadi harus mikir nih nulisnya hahaha. menuju dewasa menurutku mempunyai perjalanan, proses yang panjang, perlu belajar dan memperbaiki. Kadang dewasa bisa dengan mencontoh orang yang memang menurutnya mempunyai kedewasaan. Kenapa ya, Dewasa tuh menurut saya membuat seorang menjadi mempunyai nilai yang lebih dan membuat semua, eh ga semua sih sebagian ajalah, sebagian orang tertarik. Iya gak?? siapa yang gasuka dengan orang yang dewasa, baik lawan jenismu sesama jenismu juga bakal nyaman dengan orang yang bisa dewasa. Apa gak pingin jadi orang yang dewasa. Aku aja pingin, makanya mari bersama sama menjadi orang yang dewasa, dan yang pasti membuat kita akan lebih baik. Sebenarnya gimana ya, saya juga bingung mau mulai dari mana untuk menuju sebuah kedewasaan, tapi yang jelas menurut saya pedomannya adalah sebuah agama atau sebuah kepercayaan. Agama, segala sesuatu yang membuat kita damai dunia, akhirat. setuju??

Yang gak setuju langsung cabut aja gausah lanjutin baca!! ( yang baca aja gaada, ngomong sendiri ya dek?) Hahaha . YA jadi intinya kita bakal dewasa kalo agama kita udah benar, apabila agama sudah benar yakinlah semuanya bakal mengkuti, baik perilaku, dsb. Karena dewasa sangat terlihat dan sangat dekat dengan sebuah perilaku, dekat, dekat sekali.

Bingung mau mulai darimana, mari kita belajar menjadi yang sedikit berpedoman pada agama dalam berperilaku. Dulu saya pernah menemui video mengenai hari kiamat, videonya berbeda dengan video video lain yang berkisah mengenai hari kiamat. Video ini hanya berdurasi sebentar, dan waktu pertama kali liat itu judulnya kalo gak salah ” Seberapa kuat kita menonton video ini” dengan judul video seperti itu, yang sebelumnya saya tidak tertarik untuk nonton malah buat saya penasaran. Akhirnya saya tonton itu video, dominan dengan suara, dan sedikit gambar bergerak tentang kebesaran indahnya alam ciptaanNya. dalam video itu akhirnya saya bisa menonton full durasi video itu, bahkan saya dengarkan dan lihat berulang ulang, dan akhirnya saya beritahukan kepada teman teman saya yang kebetulan sedang beristirahat dalam acara diskusi waktu itu. Karena menurutku itu sangat penting dan bagus untuk saya bagikan dengan teman teman saya. dan akhirnya timbul pernyataan yang sebenarnya itu udah biasa didengar, bahkan sangat biasa didengar. “Besok itu di akhirat kekal yaa…” aku bingung, mulai bingung membayangkan ketika kita sudah mati, disana tidak ada ujungnya, dibangkitkan dan akan Hidup kembali, hidup dan hidup terus selamanya tidak ada ujung nya. Ingat tidak ada habisnya, terus teruuuuuuuus dan selamanyaaaa. Setiap kali saya akan beristirahat malam, saya selalu bingung ketika membayangkan besok bakal ada kehidupan kekal kelak disana. Kadang saya bertanya kepada teman teman saya, ketika pembicaraan ngobrol usai, pasti diakhir itu saya memulai pertanyaan mengenai kekal di akhirat kelak, apakah mereka juga merasa seperti saya, yang kadang sangat bingung takut ketika membayangkan hal itu. Teman teman kebanyakan menanggapinya sama seperti saya, namun ada juga yang langsung menolak untuk tidak meneruskan pembicaraan itu. Coba kalian bayangkan saja sendiri, apakah merasa ada yang aneh atau bahkan takut seperti saya?? oke, saya kasih videonya sekarang ya.. Seberapa lama kalian sanggup menonton dan mendengarkan video ini?

Gimana?? setelah melihat video tersebut rasanya?? inget kan jadinya tentang besok kita bakal hidup di akhirat. hehehe. Kalo saya sih mending langsung aku save tuh video terus aku masukin ke hp, biar sewaktu waktu kalo emang lagi kosong bisa aku tonton sewaktu waktu. Video video  seperti itu jarang di post sama akun akun medsos yang punya statistik yang tinggi, jadi kurang publikasi. sayang banget kan. Inti dari video tersebut menurut pengamatan saya, (bahasamu) tujuan utamanya mengingatkan kita tentang adanya hari kiamat, masih ada kehidupan kelak disana yang musti kita pertanggung jawabkan. Perilaku kita didunia bakal dinilai, dihitung, diamati dan akhirnya bakal di akumulasi sehingga akan mendapatkan sebuah kesimpulan dimana kita akan melanjutkan dimana setelah mengalami kematian. Neraka atau surga?? dari video itu sudah sangat pasti dineraka adalah tidak enak!! sangat sangat tidak enak, bahkan mengerikan. (kalian pasti tau) satu satunya pilihan ya kita harus masuk surga, gimana caranya, (ah malah jadi ustad nih, tugasnya ceramah) simple sih menurutku, tapi musti ada paksaan berat memang awalnya. Ingat yang namanya ibadah itu ya di paksa, dilawan sehingga kita bisa melaksanakanya. Ya, dipaksa. kita musti mengalahkan banyak sekali godaan yang membuat kita males untuk memulai sebuah kebaikan yang sebenarnya sangat dianjurkan untuk dilakukan disetiap agama. ingat Ibadah memang tidak enak, makanya harus dipaksa!! siapa yang maksa?? dirikamu sendiri, kesadaranmu sendiri. Dipaksa, kamu harus melawan godaan dari siapapun termasuk manusia sendiri. kalo saya simple sih, tapi gak ngeremehin loh ya, saya juga lagi belajar untuk beribadah dan membiasakan menjadi pribadi yang lebih baik. mari bersama sama belajar 🙂 memperbaiki diri 🙂  lihat video ini ya..

 

Udah selesai belum nontonya?? hehehe, bagus banget ya videonyaa. kok ada ya orang yang ngasih ceramah bisa sedetail itu, sebagus itu. sayang nya cuman kurang satu, yaitu tadi yang sebelumnya udah saya bilang, publikasi, beneran sangat sangat kurang publikasi. makanya aku nulis ini semoga bisa sedikit sedikit menyebarkan video ini. yups. kembali ke topik video diatas. kamu nonton video itu sangat pas kalo lagi sendiri bingung mau ngaapain, kerjaan udah selesai, kewajiban udah dikerjaiin, nah daripada sepi nggak ngapa2in mending nonton video  ini, saya saranin make headset biar jelas suaranya sehingga langsung masuk perlahan ke otak. Daripada ngerjain yang lain yang kurang bermanfaat dan membuat pikiran kita pergi kemana mana, contoh nih misal nih ngelihat sosmed yang ujung ujungnya ngelihat profil orang yang membuat kita jadi iri atau dengki hahahaha (kok aku ga seperti dia ya, ga seganteng/ secantik dia ya? ga sebanyak dia ya followersnya?? hahaha) ngerasa kalo kehidupannya gak seberuntung dia . Wajar saya juga mengalami hal yang sama. Atau yang cowok kalo lagi ngobrol sama temen pasti ngobrolin yang aneh aneh yang bersifat menjurus ke poren porenan hahahaha, atau kalo yang cewek pas lagi kumpul pasti ngegosip pasti dan pasti ngegosip mending lihat video itukan, durasi 10 menit yang selanjutnya bikin kita terus inget sama yang di atas. Sebenarnya dunia ini indah banget kalo kita mau beryukur, beristighfar, dan selalu memperbaiki diri.

 

Bersyukur

Bersyukur, simpel tapi sering kita abaikan dalam kehidupan. Selalu melihat kebawah ketika kita merasa paling menderita, paling sedih. Selalu melihat kebawah lah teman!  sadari masih banyak manusia disana yang lebih menderita dari kita, tidak seberuntung kita. Makan harus yang mewah, di restoran, biar bisa buat bahan update location di medsos, Lagi di restorant ini nih… sambil ngeshare foto makanan yang mewah itu. hahahaha. Sadari bahwa diri kita sendiri adalah lebih baik, syukuri nikmatNya, jadilah diri kalian sendiri. yakinlah orang bakal lebih tertarik dengan kalian 🙂

 

berdoa

Beristighfar, simpel kan, cuman bilang Astaghfirullahalaidzim gitu doang. beneran cuman bilang gitu doang! kamu niatkan perlahan pengucapan kata kata seperti itu setiap melaksanakan sesuatu yang tidak sesuai yang kita harapkan. Setelah bisa, coba lanjutkan dan buat hal itu sebagai kebiasaan, sehingga kata kata itu bakal muncul dengan sendirinya, seperti reflek. Intinya Allah SWT tuh ga peduli kita latar belakangnnya apa, yang dulu pernah melakukan apa saja yang menurut kita mempunyai dosa yang besar, seperti Zina, Minum minuman keras membunuh orang, dan mencuri atau bahkan korupsi. Allah tidak peduli, yang penting segeralah kita untuk beristighfar lalu berwudhu dan akhirnya sholat 🙂 inget Allah SWT paling suka dengan orang yang ” Beristighfar dan memperbaiki diri” Kamu udah mengucap kata istighfar terus wudhu terus lanjutin sholat itu Allah SWT seneng banget , seneeeeeeng banget bahkan lihat hambanya yang dicintainya melakukan itu. Sadari dan tanamkan di pikiran kita prinsip itu. Ketika kita tidak menyadari telah melakukan perbuatan dosa, langsung gak usah panjang lebar lakuin itu. Allah gak akan membenci Hamba-Nya :)) memang susah, perlu paksaaan :)) coba rasakan lagi ketenangannya setelah kamu melaksanakan hal itu. Setelah habis sholat biasakan untuk beristighfar, gak langsung berdiri , sehingga kamu terus ingat dan tidak melaksanakan dosa dosa seperti sebelumnya yang pernah kita lakuin.

perbaiki diri

Memperbaiki diri, ini juga simpel menurutku, dan walopun simple, saya juga sedang belajar untuk melaksanakanya setiap hari. Mari sama sama kita belajar, Nih simpel aja, kalo seumpama kamu jadi imam dadakan apakah kamu bisa?? kalo kamu merasa bisa dan merasa PD bersyukurlah, tapi kalo belum bisa dan masih malu malu, cobalah untuk belajar memperbaikinya. Caranya gimana?? ya belajar, minta jadi imam ketika berjamaah dengan keluarga, kan biasanya bapak tuh yang jadi imam, nah kamu bilang ke orang tua mu, biar saya yang jadi imam sekalian buat belajar. Hal ini simpel, dan ini merupakan contoh dari memperbaiki diri. simpel kan, coba lakukan dirumah. Kalo emang lagi gak sama orang tua atau lagi di kost bareng temen temen, ajak mereka sholat berjamaah dan belajarlah menjadi imam. Itu sangat disukai oleh semua orang. Percayalah 🙂 kalo emang udah ngerasa bisa jadi imam, udah PD dan gak malu malu, coba laksanain yang namanya baca Al quran beserta artinya. Kalo emang belum bisa baca alquran segeralah belajar, jangan malu berbuat baik, belajarlah. Saya juga sedang belajar membaca alquran beserta artinya, memang susah! susah banget untuk membiasakannya, saya juga merasakan hal yang sama. Susah dan harus dipaksa. Kalo kita udah bisa baca Alquran setelah sholat maghrib, sampai adzan isya’ itu udah top banget menurut saya, soalnya saya juga mau jalan menuju kesitu tapi memang banyak godaannya, mari kita coba. Kamu bakal berpikiran, Oh iya ya, urusan dunia ternyata bukan segalanya yang harus diprioritaskan menjadi yang paling nomor satu. Hehehe

Semua itu saya simpulkan dari video diatas, video paling bagus yang menginspirasi saya banget buat menjadi pribadi yang lebih baik, menyadari bahwa Allah SWT itu sayang banget sama kita, HambaNya. sedosa dosanya kita Allah masih manggil kita hamba, coba bayangkan itu, kurang baik apalagi. Kita aja yang kadang terlalu asyik dengan urusan dunia, kesuksesan dunia sehingga lupa kalo diatas sana ada yang sedang menyayangi kita lebiiiiiih dari segalanya. Ayo mulai sekarang! Mulai dari diri kita, mulai berbenah, sedikit demi sedikit seperti saya ini (amin). Pertama Istighfar, Bersyukur dan terakhir Perbaiki diri. Ingat itu selalu dipikiran kita.

Ketika agama sudah perlahan kita kuasai, perilaku juga bakal mengikuti, yakinlah. Sebelumnya kamu begini, begitu ga jelas, kadang gosip kadang mencela orang, mencemooh teman, meremehkan orang, memhambur hamburkan uang, kamu mulai tersadar dan akan berfikir sebelum melakukan suatu kegiatan, sebelum kita melakukan itu, kita bakal berpikir ini bakal merugikan orang gak ya kalo dilakuin, ini bakal ngerusak enggak ya kalo dilakuin, dan kita bakal mempertimbangkanya matang matang, kita bakal memilih kegiatan yang memang berguna bagi kita, tidak asal ikut ikuut teman yang sedang hits di sosial media, jadilah orang berbeda dengan yang lain, tunjukan kemampuan kita, sehingga kita akan terlihat disana. Semoga bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. amin amin amin

Siapa sih yang buat video itu??

Beliau adalah Hanan Attaki, Lc, lahir di Aceh tanggal 31 Desember 1981, usia beliau belum ada 40 tahun tepatnya 36 tahun perbulan Juni 2017. Masih muda dengan gaya bahasanya yang sangat ke anak muda muda aan, sehingga bisa lebih dicerna oleh kita kita yang masih remaja mengajak ke dewasa. Beliau lulusan pondok pesantren ternama di aceh dan melanjutkan kuliahnya di Universitas al-Azhar-Mesir, pantesan ilmunya ngalir banget, kuliahnya disana, Hebat banget ya. Beliau mempunyai banyak prestasi ketika di Mesir, misalnya ia berhasil menjadi qori terbaik versi Fajar TV, Kairo 2005, dan mengisi acara tilawah al-Qur’an “Min Ajmalis Soth” di dua Channel (Fajar Tv & Iqro’ Tv). Selama di Kairo, ia juga pernah aktif sebagai pemred buletin “Salsabila” yang diterbitkan oleh kelompok studi al-Qur’an dan ilmu-ilmu islam. Kelompok ini dibimbing langsung oleh beberapa tokoh Ikhwanul Muslimin. Gladiator, mirip dengan aku yang juga menyukai film gladiator. perilakunya juga sama mungkin. hehehhe. amin.  Semoga beliau selalu bisa memberi pencerahan tentang indahnya Islam, selamanya, Terimakasih Banyak Ust Hanan Attaki. Semoga Allah SWT selalu membalas kebaikan ilmu yang disebarkan untuk kami ini. amin amin amin

masih banyak ya video tentang keindahan islam dari beliau, langsung cek aja nih saya kasih link nya langsung disini. Nonton pas alone ya, biar meresap masuk langsung masuk ke otak hehehehe. selamat mendengarkan 🙂

Wassalammualaikum Wr. Wb


Sumber gambar Google.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s